PAKPT KH. Wahab Chasbullah

Wisata Religi PAKPT K.H. Wahab Chasbullah

0
Wisata Religi merupakan program kerja dari departemen pengembangan dakwah dan pengabdian masyarakat, atau yang biasa kita sebut dengan DPM. Wisata Religi ini merupakan progam kerja baru yang dibuat oleh DPM PAKPT Wahab Chasbullah yang bertujuan untuk menumbuhkan sikap tabarruk serta mengharap ridho Allah SWT dan barokah para Waliyullah.

Puji syukur kehadirat Allah, program kerja ini dapat terlaksana dengan lancar pada hari Rabu, 22 Juni 2022 dengan diikuti 11 anggota PAKPT Wahab Chasbullah. Perjalanan wisata religi ini dimulai dari pukul 00.00 dimana pemberangkatan dari Malang menuju Jombang, dengan tujuan Maqom KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahid Hasyim, dan KH. Abdurrahman Wahid (Gusdur) yang berada di Tebuireng. Kemudian dilanjut ke Maqom KH. Bisri Syansuri di Denanyar dan yang terakhir di Tambak Beras yaitu Maqom KH. Wahab Chasbullah sekitar pukul 02.00. Tujuan selanjutnya yaitu Kabupaten Tuban yang ditempuh selama 2 jam dari Jombang, dengan tujuan Maqom Sunan Bonang dan mengunjungi Masjid Agung Tuban untuk istirahat sebentar sebelum melanjutkan ke Lamongan. Kemudian pukul 08.00 setibanya di Lamongan, kami langsung berziarah ke Sunan Drajat dan Syaikh Jumadil Kubro sampai pukul 09.00. Setelah melaksanakan ziarah di Lamongan, pada pukul 09.00 kami menuju ke Gresik dengan jarak tempuh 2 jam, yang mana sampai di Gresik pada pukul 11.00 kemudian bergegas untuk ke Maqom Syaikh Maulana Ishaq, kemudian mampir sebentar untuk beristirahat dan menghirup udara segar di pantai, setelah itu kami melanjutkan perjalanan untuk silaturrahim ke rumah salah satu pengurus PAKPT, yang kemudian dilanjut dengan ziarah ke Maqom Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri. Dikarenakan tujuan di Gresik cukup banyak, kami baru bisa keluar dari Gresik pada pukul 18.00 untuk melanjutkan perjalanan ke Surabaya, dengan tujuan yaitu Maqom Sunan Ampel. Alhamdulillah seluruh tempat tujuan dapat ter-realisasi, tepat pukul 21.00 kami melaju pulang ke Malang, dan tiba pada pukul 23.00.

Selama kegiatan Alhamdulillah tidak ada kendala yang fatal, dan terbilang berjalan lancar. Namun harapannya, untuk wisata religi tahun depan para anggota bisa berpartisipasi lebih banyak lagi daripada tahun ini.

 

Penulis : Aisya Rahma Sumartha

Makesta Raya PKPT IPNU IPPNU UIN Malang

Previous article

Menyambut Bulan Suci Ramadlan, PAKPT IPNU IPPNU KH. Wahid Hasyim Mengikuti Ru’yatul Hilal

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.