38 PKPT Se-Jawa Timur dalam SILATWIL II, Apa yang di bahas?

0
80
SIL
Dokumentasi pribadi | PKPT IPNU-IPPNU UIN MALIKI MALANG

Oleh : Siti Suwaibatul Islamiyah

____________________________

SILATWIL-Bertempat di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum Tarate Pandian Kab. Sumenep Madura (5-7/10/2018).

Tahun kedua dilaksanakannya forum silaturrahim wilayah dengan seluruh PKPT yang ada di Universitas Di wilayah Jawa Timur. Setelah dilaksanakan silaturahim wilayah Pertama  tepat satu tahun yang lalu di Kab. Tuban, Dan pada tanggal (5-7 oktober 2018) silaturrahmi wilayah kedua dilaksanakan di Kab. Semenep Madura. Tepatnya bertrmpat di Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum dan bekerjasama dengan pondok pesantren Usymuni yang dipimpin oleh Gus Robieth Al Faroh.

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota mendelegasikan beberapa PKPT yang ada di kota Malang (PKPT UIN Maliki Malang, PKPT Universitas malang, PKPT Universitas Brawijaya, PKPT Universitas Islam Malang, dan PKPT Unuversitas Raden Rahmad) untuk menghadiri Silaturrahim wilayah kedua. (05/10/2018) seluruh PKPT wilayah kota Malang dan Pengurus PC kota malang berkumpul di Masjid Ainul Yaqin Universitas Islam Malang, dengan 6 rombongan mobil melaju saling beriringan.

(Pukul 03.15 WIB 06/10/2018) Rombongan sampai di Kab. Bangkalan, dan rombongan berziaroh ke makam Syaikhonah Kholil Bangkalan. Kemudian setelah melaksanakan ziaroh dan sholat shubuh, rombongan kembali melanjutkan perjalanan menuju Kab. Sumenep. Ditemani dengan cuaca yang sangat terik, pemandangan dermaga di sepanjang jalan serta hiruk piruk kesibukan masyarakat pulau Madura, kami menikmati perjalanan.

Hingga (pukul 12.30 WIB) rombongan tiba di lokasi dengan formasi lengkap. Rombongan Kami disambut dengan ramah oleh panitia (PKPT STAIM Sumenep) dan juga para santri yang membantu di tempat penginapan. Cuaca yang sedikit menguras keringat kami tidak menghalangi untuk berpartisipasi dalam forum Silatwil ke-II.

Pada sesi Pembukaan beberapa pimpinan meberikan sambutan diantaranya :

  1. Sambutan ketua IPNU STAIM Sumenep
  2. Sambutan ketua PC NU kab. Sumenep
  3. Sambutan ketua PW LKPT Jawa timur

Dan secara simbolis forum Silatwil ke-II dibuka dengan hikmat yang dilanjutkan perkenalan oleh beberapa PKPT yang telah hadir.

Forum selanjutnya dipimpin oleh Rekan Deni sebagai ketua PW LKPT, Rekan Muafi dan Rekanita puput. Dalam forum ini adalah membahas mengenai (a) pelegalan kegiatan; dan (b) Pemilihan koordinator daerah wilayah PKPT Jawa timur, yang terdapat sekitar 6 daerah koordinator:

  1. Korda Tapal kuda
  2. Korda Mapas Raya
  3. Korda Metropolis
  4. Korda Madura
  5. Korda Matraman 1
  6. Korda Pantura

Sedangkan forum kedua yang di pimpin oleh Rekan Aziz, adalah pembahasan mengenai usulan rekomendasi yang akan dibawa menuju Kongres pusat, dan telah disepakati atas dua rekomendasi :

  1. Rekomendasi kegiatan Diksus (diklat khusus), diklat khusus merupakan salah satu rekomendasi yang sudah disepakati dan Korda Metropolis menjadi Korda pelaksana pelaksana Diklat khusus.
  2. Rekomendasi PAKPT (pimpinan anak komisariat perguruan tinggi), dalam pelaksanaan program tersebut tercatat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang menjadi percontohan karena sudah lebih dulu menerapkan PAKPT di PKPT.

Kesepakatan telah mencapai mufakat dan keputusan telah di tentukan, maka forum yang dilaksanakan selama 3 hari 2 malam mencapai penutupan. Penutupan berjalan dengan hadirnya Gus Robieth Al Faroh sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Usymuni dan sekaligus menutup acara SILATWIL ke II. Tidak lupa dilantunkan mars IPNU IPPNU dan sholawat hubbul wathon.

Sebelum peserta SILATWIL ke-II kembali ke daerah masing-masing, panitia memfasilitasi untuk para peserta dapat mengunjungi beberapa wisata di Kab. Sumenep diantaranya; museum kerajaan Sumenep, masjid Jami’ Sumenep, pantai sembilan dan lain sebagainya.

Diakhir perjalanan forum SILATWIL ke-II bukanlah ajang untuk liburan saja, tetapi Silatwil ke-II dapat menjadi sebuah kisah klasik untuk masa depan, dengan memperjungkan, memepertahankan, dan mengembangkan Nahdlatul Ulama dan ajaran Ahlusunnah wal Jama’ah.

Salam 3B – Belajar, Berjuang, Bertaqwa

 

https://nu-maliki.or.id/read/formalisasi-sarung-dalam-bermasyarakat.html

Beri Komentar dan saran anda, karena itu berarti bagi kami

Silahkan beri komentar
Tulis Namamu disini