Artikel

PMII menolak berdirinya PKPT IPNU IPPNU di UIN?

0

PKPT IPNU-IPPNU UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebuah organisasi yang berdiri sebagai wujud kepedulian mahasiswa NU di Kampus Ulul Albab terhadap tradisi NU yang mulai tergerus. Bahkan tak sedikit mahasiswa yang berlatar belakang NU mulai mengabaikan seruan sholat. Rupanya diskusi-diskusi intelektual lebih nikmat dan menjadi prioritas utama. Akhirnya inisiatif untuk mendirikan PKPT IPNU-IPPNU pun mulai digagas.

Upaya pendirian organisasi ini rupanya tidak berjalan mulus. Sebagaimana penuturan KH Chamzawi dan Gus Is bahwa beberapa mahasiswa PMII menolak rencana pendirian PKPT IPNU-IPPNU, karena hal tersebut akan memecah PMII sebagai organisasi yang lahir dari NU juga. Namun dengan bijaksana para Kyai NU UIN Malang memberikan jalan keluar agar PKPT IPNU-IPPNU tetap didirikan dengan catatan ruang gerak organisasi dalam ranah “ketradisian” sehingga tidak berbenturan dengan PMII. Singkatnya, hal itu disetujui oleh kedua pihak, maka berdirilah PKPT IPNU-IPPNU UIN Malang pada tahun 2003.

Sejak berdiri sampai sekarang, organisasi ini terus berjuang untuk menghidupkan tradisi keaswajaan di Kampus Islam yang sedang digadang-gadang sebagai WCU (World Class University) ini. Tradisi yang dilestarikan antara lain seprti pembacaan maulid diba’, khotmil Qur’an, pengajian kitab kuning, tahlil dan diskusi keilmuan yang bersifat mingguan. Ada juga agenda tahunan yakni istigotsah kubro untuk umum.

Penulis: Sidiq Nugroho bin Fauzan Sidiq

IPNU- IPPNU UIN Maliki Agendakan Temu Alumni Nasional

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.