BeritaKaderisasiPAKPTPAKPT KH. Hasyim Asy'ariPers dan Jurnalistik

Puluhan Kader IPNU-IPPNU UIN Malang dibekali Ilmu Jurnalistik

0
Foto: Seminar Jurnalistik Oleh PAKPT IPNU-IPPNU KH. Hasyim Asy'ari UIN Malang
Foto: Seminar Jurnalistik Oleh PAKPT IPNU-IPPNU KH. Hasyim Asy'ari UIN Malang

(Ahad, 28 Mei 2023) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) & Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) PAKPT K.H Hasyim Asy’ari UIN Malang menyelenggarakan seminar jurnalistik perdana.

Kegiatan tersebut dilaksanakan supaya para kader lebih peka terhadap informasi di sekitarnya, serta menjadi sarana pembelajaran bagi mereka.

Acara ini diselenggarakan di Kouja Cafe, Kota Malang dan diikuti 54 peserta. Nur Robi Ari Saputra, salah satu peserta seminar jurnalistik itu merasa terkesan dengan diadakannya acara tersebut.

Baca juga: PUBERTAS DALAM BERAGAMA

“Acara ini, pada dasarnya menyadarkan kaum penerus bangsa khususnya mahasiswa, bahwa dunia ini luas dan banyak sekali informasi yang harus kita ketahui,” ucapnya.

Selanjutnya, ia juga berpesan. Membacalah, karena dengan membaca kalian akan mengenal dunia. Menulislah, karena dengan menulis kalian akan dikenal dunia. Berorganisasilah, karena dengan berorganisasi kalian akan memimpin dunia.

Adapun tema yang diangkat pada seminar ini adalah Build The New Character Trough Journalist.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Rekan Muhammad Nur Nizar Raaf, selaku ketua PAKPT K.H Hasyim Asy’ari bahwa acara ini diadakan salah satunya sebagai bentuk pembelajaran para kader, sekaligus menjadi pengingat bagi kita semua akan pentingnya memiliki kepekaan terhadap informasi-informasi yang ada.

Adapun narasumber yang dihadirkan kali ini adalah rekan Madchan Jazulim. Beliau merupakan lulusan program studi Bahasa dan Sastra Arab UIN Malang angkatan 2015, serta kontributor NU Online JATIM.

Pria asal Trenggalek itu menyampaikan bahwa ketika ingin menulis itu sebenarnya bukanlah dari sebuah bakat, akan tetapi dari seberapa besar kemauannya dalam menulis.

“Juga yang paling penting dalam menulis adalah memulainya. Mungkin berawal dari terpaksa, namun nanti juga terbiasa,” ujarnya.

Foto: Seminar Jurnalistik Oleh PAKPT IPNU-IPPNU KH. Hasyim Asy'ari UIN Malang

Foto: Suasana seminar Jurnalistik dengan tema Build The New Character Trough Journalist.

Selanjutnya, rekan Jazuli juga menegaskan bahwa peran jurnalis dalam membangun karakter baru bisa dimulai dari melek terhadap data dan fakta, mencintai budaya, dan menulis features.

Baca juga: Ketika Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari Menolak Tawaran Jadi Presiden Indonesia

Terakhir, Muhammad Yusuf Ardani sebagai ketua angkatan tahun 2022 IPNU-IPPNU PAKPT K.H Hasyim Asy’ari berharap semoga forum seminar seperti ini bisa diadakan lagi. Tidak hanya dalam bidang jurnalistik saja, namun bisa diadakan juga dalam seminar-seminar pada bidang lain.

“Setelah terselenggaranya seminar ini, harapannya bisa ditindak lanjuti supaya ilmu-ilmu yang telah didapatkan dapat dipraktikkan langsung dan dapat bermanfaat bagi PAKPT kedepannya,” ungkap mahasiswa asal Blitar tersebut.

 

Penulis: Pers & Jurnalistik PAKPT KH. Hasyim Asy’ari

Editor: F. Azfar

PUBERTAS DALAM BERAGAMA

Previous article

Pentingnya Pelajar NU dalam Revolusi 5.0

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita