BeritaOrganisasiPKPT IPNU IPPNU UIN Malang

PKPT IPNU IPPNU UIN Malang Gelar Pelatihan Rapi Administrasi

0
Foto: Pelatihan Administrasi oleh PKPT IPNU IPPNU UIN Malang
Foto: Pelatihan Administrasi oleh PKPT IPNU IPPNU UIN Malang

(Ahad, 23-10-2022)  PKPT IPNU IPPNU UIN Malang sukses menyelenggarakan Pelatihan Rapi Administrasi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di kantor MWC NU Klojen dengan dihadiri oleh perwakilan setiap PAKPT se-UIN Malang.

Upaya Penataan Administrasi

Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya memberikan pelatihan terkait penataan administrasi, khususnya bagi sekretaris di setiap PAKPT se-UIN Malang.

“Dikarenakan para pengurus PKPT dan PAKPT ini banyak yang baru,  kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman terkait administrasi yang tepat dan tertib dengan tujuan sesuai dengan acara ini, yakni “RAPI Administrasi” terhadap kepengurusan PKPT maupun  PAKPT,” ujar M. Rajib, selaku Wakbid I PKPT IPNU UIN Malang.

Baca juga: Gelar Pelantikan dan Raker: PKPT IPNU IPPNU UIN Malang Upayakan Rekonstruksi Oganisasi guna Merawat Eksistensi.

Adapun materi yang didapatkan pada pelatihan administrasi kali ini meliputi pengenalan jenis-jenis surat, pembuatan surat masuk dan keluar, perbedaan sistematika surat antara IPNU dan IPPNU dari segi kepenulisan, kop surat, serta isi.

Moh. Nasruddin, selaku pemateri  Rapi Adminsitrasi menuturkan bahwa dalam hal surat-menyurat, penting bagi setiap sekretaris teruma untuk mengetahui dan memahami mengenai kaidah-kaidah pembuatan surat- menyurat.

“Kaidah kepenulisan dalam pembuatan surat itu banyak. Seringkali teman-teman mengalami salah kaprah dalam penulisan, terutama perbedaan antara surat IPNU dan IPPNU. Banyak yang memahami bahwa hal itu sama, padahal sejatinya berbeda,” jelasnya.

Pola Administrasi dalam Organisasi

Wafa, selaku ketua PKPT IPNU IPPNU UIN Malang juga mengungkapkan pentingnya mengikuti pelatihan administrasi tersebut. Ia berharap kader PKPT dan PAKPT memahami pola administrasi organisasi.

Baca juga: Gus Yaqut: Santri Bisa Jadi Apa Saja Asalkan Tidak Buru-Buru

“Harapan Kedepannya Kader PKPT IPNU IPPNU UIN Malang dapat memami dan mengamalkan terkait pola administrasi yang ada dalam organisasi, terutama di IPNU dan IPPNU. Administrasi merupakan cerminan dari Organisasi. Ketika administrasi tidak tersusun dengan rapi dan jelas, maka dapat dipastikan ada masalah dalam organisasi tersebut,” tambahnya.

Pewarta: Fani Azfar

Gelar Pelantikan dan Raker: PKPT IPNU IPPNU UIN Malang Upayakan Rekonstruksi Oganisasi guna Merawat Eksistensi

Previous article

Camp Of Assistance: Upaya PKPT IPNU-IPPNU UIN Malang Dampingi Para Kader Baru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita