ArtikelKaderisasiPers dan Jurnalistik

Pentingnya Pelajar NU dalam Revolusi 5.0

0
Ilustrasi: Pemanfaatan teknologi di era 5.0 oleh Pelajar NU
Ilustrasi: Pemanfaatan teknologi di era 5.0 oleh Pelajar NU

IPNU dan IPPNU adalah dua organisasi yang bersifat keterpelajaran, kemasyarakatan, keagamaan, dan pengkaderan yang berhaluan Ahlussunnah jamaah. Organisasi ini mempunyai peran penting dan signifikan dalam revolusi peradaban maupun revolusi industri.

Sebagai anggota IPNU dan IPPNU sudah merupakan suatu kebutuhan untuk mengetahui peran penting NU di era saat ini, sehingga dapat menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta setiap anggota kepada organisasi yang berdiri lama ini.

Baca juga: Puluhan Kader IPNU-IPPNU UIN Malang dibekali Ilmu Jurnalistik

Kemajuan zaman menuntut hal baru atas cara menempuh dan menjalani masa depan. Begitu juga dalam IPNU dan IPPNU setiap anggota dibimbing karakternya agar bisa melewati tantangan pada generasi selanjutnya.

Dampak Revolusi Perubahan

Misalnya saja pada era sekarang banyak digitalisasi yang pastinya memiliki dampak positif dan negatif. Kita sebagai pelajar NU harus bisa menggunakan kesempatan ini dengan baik. Dasarnya revolusi peradaban mengakibatkan berubahnya pola pikir dan pola hidup yang berhubungan satu sama lain.

Era ini akan mendisrupsi berbagai aktivitas di berbagai bidang sehingga harus dipergunakan sebaik mungkin.

Selama ini, IPNU dan IPPNU begitu berperan dalam perkembangan zaman. Misalnya dari Departemen kewirausahaan, setiap anggota dididik menciptakan hal baru yang bisa berguna dan bernilai rupiah.

Badan Organisasi

Sehingga dibentuknya badan organisasi untuk menjalankan roda organisasi sebagai penopang guna menuangkan karya anggota. Selain itu, IPNU dan IPPNU merupakan Agent of Change selaku generasi emas yang sudah selayaknya hal ini diperhitungkan untuk perubahan lebih baik dan berguna.

Kita bisa menggunakan era perkembangan digitalisasi dalam berkarya dan berinovasi melalui media digital karena basic pemuda pasti sudah memahaminya, karena dalam fungsi IPNU dan IPPNU juga sebagai wadah perjuangan pelajar Nahdlatul Ulama dalam pendidikan dan keterpelajaran.

Mengembangkan Ahlussunnah Wal Jamaah

Kaderisasi di organisasi juga bertujuan mengembangkan semangat jiwa dan nilai-nilai ubudiyah dalam mengembangkan Ahlussunnah Wal Jamaah. Maksudnya, IPNU dan IPPNU menjadi wadah besar dalam mendorong kewirausahaan maupun kepemimpinan, tetapi inovasi sebesar apapun tanpa didukung peranan generasi muda tidak akan cepat berkembang.

Baca juga: Hukum Haji dengan Uang Hasil Kredit yang Pelunasannya Diangsur

Karena itu, diharapkan pelajar NU harus mampu menyongsong dan berperan aktif di era baru dalam kerja modern dengan Trilogi semangat belajar berjuang dan bertakwa.

Penulis: Moh. Aditya Hadi Saputra

Editor: Fani Azfar

Puluhan Kader IPNU-IPPNU UIN Malang dibekali Ilmu Jurnalistik

Previous article

Optimisasi Pelajar Putri di Era Kiprah Pemudi

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Artikel