ArtikelBeritaPAKPT KH. Hasyim Asy'ari

PAK K.H. Hasyim Asy’ari Gelar Workshop Public Speaking: Be Brave and Be Confident!

0

Pimpinan Anak Komisariat (PAK)  IPNU-IPPNU K.H. Hasyim Asy’ari UIN Maulana Malik Ibrahim Malang  sukses menyelenggarakan kegiatan Workshop Public Speaking (Working) yang bertempat di Kantin Al-Kautsar lantai dua Ma’had UIN Malang. Ahad (28/11/2023). 

Adapun secara umum kegiatan ini membedah public speaking baik secara teoritis maupun praktis. Turut hadir dalam kegiatan ini sekitar 42 peserta dari anggota maupun pengurus yang ada di IPNU-IPPNU UIN Malang.

Rekan Mohamad Ibadil Muta’a Rifin sebagai CO Departemen Pengembangan Minat & Bakat mengatakan bahwa dengan belajar public speaking yang baik akan mengantarkan kita pada perkembangan pengetahuan secara luas.

“Bisa ngomong di depan, itu menjadi nilai plus tersendiri. Output dari belajar public speaking juga sangat besar, terlebih sebagai salah satu keterampilan yang harus dimiliki sebagai organisatoris,” ucap rekan asal Tuban itu.

Be Confident dan Tanamkan pada Diri Bahwa Kita Bisa

Kegiatan seminar ini berlangsung kurang lebih dua jam dengan pemateri yang luar biasa dan sudah sangat berpengalaman di bidang public speaking, Khansa Deffa.

Pemateri asal Malang itu mengatakan bahwa kemampuan public speaking bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan secara instan. Tapi, harus bisa menikmati prosesnya serta berani mencoba lebih dari orang lain.

“Peganglah konsep be brave and believe. Beberapa kali melakukan kesalahan itu wajar, karena percayalah masih ada ribuan momen yang belum dilewati untuk kamu berani bicara, ” ujarnya.

Lebih lanjut lagi, beliau menekankan kepada peserta untuk bisa lebih percaya diri dan menanamkan pada diri masing- masing keyakinan bahwa kita bisa melakukannya.

Baca juga: Antusias, PAK K.H. Hasyim Asy’ari Gelar Pentas Seni saat Makesta

Paham Saja Tidak Cukup

Tahap praktik adalah salah satu tahap terpenting dalam melatih keterampilan apapun, termasuk public speaking. Kegiatan seminar ini tidak hanya pemaparan secara teoritis, tapi para peserta juga mencoba untuk berbicara di depan dengan memperkenalkan diri.

Khansa menceritakan bahwa sebelum dirinya bisa menjadi pembicara seperti sekarang ini, dulunya sering gugup dan sering tidak percaya diri. Namun selalu ia tanamkan bahwa sebelum berbicara di depan umum, harus latihan olah vokal terlebih dahulu.

“Bahkan dulu pernah saya teriak-teriak di tengah lapangan. Jadi, yang terpenting adalah jangan berhenti untuk berlatih, asah terus sampai bisa,” tambahnya.

Sementara itu rekan Ahmad Hadik Masyhadi selaku ketua PAK IPNU K.H. Hasyim Asy’ari mengharapakan dengan adanya kegiatan ini rekan & rekanita semuanya bisa menerapkan ilmu-ilmu itu tersebut. Karena mau bagaimana pun juga, meskipun hanya berbicara itu ada ilmunya.

Baca juga: Gelar Muskercab, PCNU Tarakan Kaltara Siap Jaga Kekondusifan Jelang Pemilu 2024

“Setelah kegiatan ini, semoga bisa dipraktikkan secara nyata dalam kegiatan- kegiatan IPNU-IPPNU kedepannya. Ya, minimal, kalau kita ngomong di depan umum nggak takut,” pungkasnya. (*)

Penulis : Fadlilatul Musyarofah

Editor : Muhammad Riyadi Nugraha

Antusias, PAK K.H. Hasyim Asy’ari Gelar Pentas Seni saat Makesta

Previous article

Perdana, PK UIN Malang Mengabdi ke Subang Jawa Barat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Artikel