PAKPT KH. Wahid Hasyim

Menyambut Bulan Suci Ramadlan, PAKPT IPNU IPPNU KH. Wahid Hasyim Mengikuti Ru’yatul Hilal

0

Jumat, 1 April 2022 PAKPT IPNU IPPNU KH. Wahid Hasyim ikut serta dalam kegiatan rutinan Ru’yatul Hilal menjelang bulan Ramadlan yang diadakan oleh Lajnah Falakiyah Kota Pasuruan bekerjasama dengan Pengadilan Agama Kota Pasuruan dan PP Bayt Al-Hikmah. Kegiatan tersebut berlokasi di PP Bayt Al-Hikmah. Banyak kontingen yang mengikuti kegiatan rutinan tersebut. Kebanyakan jama’ah peserta berasal dari Kota Pasuruan sendiri.

Kegiatan ini merupakan ikhtiar dan program kerja dari PAKPT KH. Wahid Hasyim yang dikoordinir oleh pengurus Departemen Dakwah dan Pengembangan Masyarakat. Pengurus dan anggota yang mengikuti adalah Rekan Itmamul Wafa, Rekan Rizki Fauzi, Rekan Jazilul Lubab, Rekanita Binti Nur Alimah, dan Rekanita Farida. Dibimbing oleh pembina PAKPT KH. Wahid Hasyim, Ustadz Khoirul Anwar, S. Hi., M. Hi. Lajnah Falakiyah merupakan kegiatan untuk menindak lanjuti program kerja “Ngaji Ilmu Falak” yang diadakan setiap bulan. Harapannya dengan diadakannya kegiatan tersebut, anggota PAKPT IPNU IPPNU KH. Wahid Hasyim dapat mengaplikasikan ilmu yang telah diperolehnya baik di kampus maupun dari kegiatan “Ngaji Ilmu Falak”. Sekaligus ikut serta dalam menghidupkan tradisi di masyarakat menjelang bulan penting Islam.

Kondisi cuaca sore hari itu mendung gerimis. Karena itu secara ilmiah tidak memungkinkan untuk melihat hilal. Jika dalam keadaan biasa, diperkirakan hilal berada pada ketinggian 2̊̊̊ lebih. Dari seluruh metode yang ada, hilal di atas untuk kemungkinan bisa dilihat minimal 3̊ jika terang, menurut MABIM dengan elongasi 4̊.

Semoga dengan diadakannya acara tersebut dapat memberikan manfaat, baik bagi anggota dan terutama pada masyarakat luas.

 

Penulis : Itmamul Wafa

Wisata Religi PAKPT K.H. Wahab Chasbullah

Previous article

Rekonstruksi pimpinan, PKPT IPNU IPPNU UIN Malang sukses laksanakan Rapta dan Konferkom ke 18

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.