BeritaPAKPTPAKPT KH. Wahid Hasyim

PAKPT IPNU-IPPNU K.H. Wahid Hasyim Laksanakan Rukyatul Hilal dan Ziarah Wali Sebagai Program Tahunan dalam Menyambut Bulan Penuh Berkah

0
Antusiasme rekan-rekanita dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan

PAKPT IPNU-IPPNU K.H. wahid Hasyim mengadakan Rukyatul Hilal dan Ziarah Wali. Seluruh kegiatan penyambutan bulan suci ini, dikawal penuh oleh Ustadz Khoirul Anwar, S.H, M.HI. selaku pembina.

Rangkaian acara penyambutan bulan suci ini diawali dengan ngaji falak yang dilaksanakan Sabtu (11/03), sebagai pembekalan pelaksanaan Rukyatul Hilal. Dilanjut dengan ziarah dan praktik Rukyatul Hilal yang dilaksanakan Sabtu (22/03).

Ziarah kali ini dilaksanakan di dua tempat, yakni makam KH. Muhammad Faqih Maskumambang dan makam Raden Syarifuddin (Sunan Drajat).

“Perlu diketahui bahwasannya KH Faqih Maskumambang ini merupakan wakil Rais NU era Hadrotussyeikh Hasyim Asy’ari, makamnya memang kurang terawat seperti ini, dan dinisannya tidak ada tulisan nama beliau, hanya ada tanggal wafat saja”, ucap Khoirul Anwar. Alasan kurang terawatnya makam beliau yakni dikarenakan keturunannya banyak yang sudah berbeda manhaj.

Baca juga: Lakmud Sebagai Sarana Pengembangan Kader NU: Mencetak Pribadi yang Kreatif, Inovatif, dan Progresif

Ustadz Khoirul Anwar juga menjelaskan bahwasannya dalam kitab Daqoiqul Akhbar diterangkan ketika kita berkunjung ke makam, maka arwah yang kita kunjungi secara tidak langsung telah mengundang kita.

Setelah ziarah, di sore harinya PAKPT IPNU-IPPNU K.H. Wahid Hasyim menugaskan 12 anggota nya untuk melaksanakan Rukyatul Hilal. Kegiatan ini dilaksanakan di PP Maslakul Huda Paciran, Lamongan. PP Maslakul Huda sendiri mulai tahun ini telah ditetapkan sebagai tempat tetap Rukyatul Hilal PAKPT IPNU-IPPNU K.H. Wahid Hasyim.

Kondisi yang cerah menjadi pemompa semangat bagi para anggota. Pada titik azimut 273°38’03,92”, pukul 17:41 WIB para anggota mencoba menelusuri letak hilal. Dari seharusnya total lama nampak hilal adalah 33 menit hanya dapat dilihat sekitar 2 menit, dikarenakan adanya awan hitam menjulang di arah barat laut.

Rukyatul Hilal sendiri merupakan program tahunan yang menjadi ciri khas PAKPT IPNU-IPPNU K.H. Wahid Hasyim. Harapannya program ini dapat terus dilestarikan sebagai warisan para alumni.

Pewarta: M Danias S.

Editor: Ria Nabila

Baca juga: Meriahkan Isra’ Mi’raj: PAKPT Hasyim Asyari Mengadakan Webinar dan Lomba Nasional

Lakmud Sebagai Sarana Pengembangan Kader NU: Mencetak Pribadi yang Kreatif, Inovatif, dan Progresif

Previous article

MUFIDAH CHOLIL CENDEKIAWAN “GENDER” DARI KAMPUS HIJAU

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita