BeritaKaderisasiPAKPT KH. Hasyim Asy'ari

Antusias, PAK K.H. Hasyim Asy’ari Gelar Pentas Seni saat Makesta

0

Pimpinan Anak Komisariat (PAK) IPNU-IPPNU K.H. Hasyim Asy’ari UIN Malang menyelenggarakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di MTs Hidayatul Mubtadi’in, Kelurahan Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru pada tanggal 11-12 November 2023.

Rekanita Uswatun Khasanah selaku ketua pelaksana makesta menjelaskan dalam sambutannya bahwa dengan adanya makesta ini harapannya para peserta nantinya dapat menjadi pelajar-pelajar NU yang hebat.

“Yang terpenting, bisa mendapatkan manfaat serta barokah yang nantinnya bisa berguna untuk semua orang,” tambahnya.

Menuju Insan yang Cendekia

Kegiatan Makesta pada kali ini mengangkat tema “Berlandaskan Aswaja, Menuju Insan yang Cendekia”.

Rekan Muhammad Yusuf Ardhani sebagai CO sie acara menjelaskan bahwa dengan tema tersebut harapannya para peserta yang telah mengikuti makesta bisa aktif di organisasi dan memberikan kontribusi kepada NU maupun IPNU IPPNU.

Lebih lanjut lagi, ia berkata bahwa sebagai anggota IPNU-IPPNU nantinya tidak hanya berjiwa Aswaja saja yang harus ditanamkan, tapi juga harus mempunyai wawasan yang luas, keagungan akhlak dan bijaksana.

“Maka, dipilihlah kata ‘Cendekia’ karena arti dari kata itu sendiri sudah mencakup dari poin-poin tersebut,” ungkapnya.

Baca juga: PAK K.H. Wahid Hasyim Sukses Gelar Makesta: Wujudkan Anggota yang Aktif, Dedikatif dan Inspiratif

Pembekalan Materi

Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan tujuh materi. Di antaranya adalah materi ke-Aswajaan, ke-NU-an, ke-IPNU-IPPNU-an, ke-Indonesiaankeorganisasian. kepemimpinan, dan yang terakhir materi konsep gender.

Pada pertengahan sesi penyampaian materi, terdapat sesi FGD (Focus Group Disscussion) untuk mengulas kembali materi yang telah didapatkan. Selain itu, dengan adanya forum tersebut bisa melatih peserta agar aktif berdiskusi dan bisa menyampaikan pendapat mereka dengan baik.

Lestarikan Tradisi Aswaja, Pupuk Kreativitas

Pada hari pertama setelah sembahyang Maghrib, panitia mengadakan pembacaan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alayhi Wasallam. Kegiatan tersebut adalah salah satu agenda wajib yang bersifat opsional ketika akan mengadakan makesta. Hal ini juga sebagai upaya untuk melestarikan tradisi amaliyah Ahlusunnah wal Jamaah.

Sebagai bentuk hiburan dan menambah semangat para peserta, panitia mengadakan lomba pentas seni di malam hari. Seperti penampilan puisi berantai, musikalisasi puisi, drama, dan paduan suara.

Baca juga: Hari Guru Nasional Jadi Momentum Kuatkan Pemuliaan pada Pendidik

Rekan Farhan Ramadhan selaku CO Kaderisasi IPNU PAK K.H. Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa dengan adanya pentas seni itu harapannya bisa menghilangkan rasa bosan dan jenuh para peserta.

“Adanya kegiatan pentas seni ini adalah sebagai upaya agar tidurnya peserta bisa happy, bukan malah pusing dengan materi,” kata rekan asal Jakarta itu.

Turut hadir dalam kegiatan makesta ini sebanyak 78 peserta dengan penuh khidmat dan antusias. Peserta tersebut terdiri dari 71 peserta internal PAK K.H. Hasyim Asy’ari, dan 7 peserta dari eksternal. (*)

Penulis : Ahmad Zakiyul Fuad

Editor : Muhammad Riyadi Nugraha

PAK K.H. Wahid Hasyim Sukses Gelar Makesta: Wujudkan Anggota yang Aktif, Dedikatif dan Inspiratif

Previous article

PAK K.H. Hasyim Asy’ari Gelar Workshop Public Speaking: Be Brave and Be Confident!

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Berita